Cara Restore Data Blog di WordPress

1. Restore WordPress Manual via Cpanel

1. Siapkan File Backup

Pertama, kamu harus siapakan file backup terlebih dahulu. File backup didapat dari proses backup sebelumnya.

Jika kamu belum paham cara bagaimana membackup web wordpress kamu silakan pelajari disini

 

2. Install Clean WordPress via Softaculous

Selanjutnya kamu bisa install terlebih dahulu clean wordpress via softaculous atau install secara manual.

Opsi ini bisa kamu lakukan jika dalam rangka pindah hosting atau jika kamu sekedar ingin agar directory wordpress kamu aman dari script script yang tidak diinginkan. Jika tidak, kamu bisa lewati langkah ini.

Langkahnya adalah: Login cPanel -> Softaculous -> Klik WordPress

 

3. Upload wp-content.zip ke root folder WordPress (public_html) & Extract

Berikutnya, masuk ke cPanel -> File Manager -> folder public_html (atau folder root directory WordPress kamu). Lalu klik upload.

Selanjutnya silakan upload dengan drag & drop atau select file wp-content.zip dari file backup yang sudah kamu sediakan sebelumnya.

Jika proses upload sudah selesai, berikutnya kembali ke file manager lalu lanjutkan extract file wp-content.zip yang sudah diupload.

 

4. Import File Database via phpMyAdmin

Selanjutnya langkah terakhir adalah mengupload file database dari file backup kamu yang sebelumnya sudah kamu sediakan. Kembali ke dashboard cPanel -> cari phpMyAdmin lalu klik.

Sekarang posisinya kamu sudah berada di phpMyAdmin panel, selanjutnya klik database name WordPress kamu, lalu pilih tab import.

Untuk mengetahui nama database WordPress kamu, kamu bisa mengecek nya di file wp-config.php yang ada di root folder directory WordPress kamu.

Selanjutnya, pilih file database dari file backup, lalu klik Go.

 

Cara yang kedua ini adalah cara yang paling sering dilakukan orang-orang karena merupakan cara yang paling mudah dan tidak membutuhkan banyak proses.

2. Restore Menggunakan Plugin WordPress (UpdraftPlus)

Karena disini yang akan kita praktekkan adalah proses restore, artinya proses backup dengan plugin tersebut sudah dilakukan sebelumnya.

Selanjutnya tinggal lakukan beberapa langkah saja untuk restore.

Untuk cara backup data blog menggunakan UpdraftPlus, bisa kamu lihat disini.

1 Restore dari Local Storage

Cara restore menggunakan plugin updraftPlus sangat mudah sekali, kamu hanya perlu menuju ke halaman setting updraftPlus lalu scroll ke bagian paling bawah, disana akan muncul list backup yang sudah kamu lakukan sebelumnya.

Kamu hanya perlu klik restore untuk merestore kembali web kamu di tanggal yang tertera.

2 Restore dari Remote Storage (Dropbox / Google Drive dll)

Yang perlu diperhatikan dalam menggunakan plugin ini anda harus memastikan bahwa hosting yang ada miliki mempunyai kualitas resource yang baik.

Karena proses upload ini menggunakan bandwith server dan cpu proses berlebih.

Jadi mungkin anda akan kesulitan melakukan proses backup restore menggunakan plugin ini pada hosting yang memiliki kualitas kurang bagus.

Langkahnya sama seperti cara diatas, hanya untuk yang restore dari remote storage yang membedakan adalah list file backup akan muncul icon dari jenis storage yang sudah kamu kaitkan.

Leave a Comment