Tips Meningkatkan CPC

Google Adsense merupakan program periklanan yang diluncurkan oleh perusahaan raksasa bermarkas di Amerika Serikat yakni Google. Program periklanan ini diciptakan agar para publisher khususnya blogger dapat memperoleh penghasilan dari menayangkan iklan tersebut. Dan besar kecilnya pendapatan yang diperoleh para blogger rupanya dipengaruhi oleh jumlah klik pada iklan dan besarnya nilai CPC (Cost Per Click). Semakin besar jumlah klik dan nilai CPC, maka semakin besar juga pendapatan yang bisa diperoleh penggunanya.

berikut adalah beberapa faktor utama yang banyak mempengaruhi nilai CPC serta tips meningkatkan CPC dan pendapatan keseluruhan Adsense Anda.

1. Niche

Niche atau topik blog rupanya tanpa disadari ikut mempengaruhi besar-kecilnya nilai CPC. Biasanya blog yang membahas satu topik saja lebih memiliki nilai CPC lebih tinggi ketimbang dengan blog yang membahas banyak topik. Contohnya, blog membahas kesehatan dipercayai memiliki CPC lebih tinggi daripada sebuah blog yang beragam topik seperti kesehatan, otomotif, selebriti, dan lainnya secara bersamaan.

2. Keyword

Perlu diketahui bahwa kata kunci atau keyword yang ada pada konten blog ternyata juga dapat mempengaruhi nilai CPC. Bahkan target kata kunci yang tidak tepat dipercayai memicu rendahnya nilai CPC blog anda. Maka dari itu pengguna sebaiknya harus cermat dalam memilih kata kunci terbaik yang memiliki nilai jual tinggi.

Anda dapat mengetahui seperti apa kriteria kata kunci bernilai dengan menggunakan alat dari Google yaitu Adword, alat tersebut rupanya dapat digunakan secara gratis. Adapun dengan menggunakan Adword, anda bisa mengetahui berbagai macam kriteria kata kunci baik itu yang memiliki harga tinggi maupun rendah.

Jadi melihat dari berbagai macam kata kunci tersebut, sangat disarankan untuk anda menyematkan kata kunci yang memiliki harga paling tinggi saat membuat konten. Agar harapannya Google bisa menempatkan iklan di blog anda dengan tepat sehingga akan meningkatkan nilai CPC, yang sekaligus akan memperbaiki penghasilan anda.

Misalkan saja anda menulis konten mengenai smartphone, maka otomatis Google Adsense pun akan menampilkan iklan tentang smartphone di blog anda. Iklan yang ditampilkan oleh Google Adsense pada blog tentu tergantung dari kata kunci yang anda sematkan. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk menulis konten dengan kata kunci yang memiliki nilai jual tinggi namun masih relevan dengan topik blog anda.

3. Tempatkan Iklan dengan Tepat

Tentu ada banyak sekali tempat dimana anda bisa menampilkan iklan Adsense pada halaman blog seperti di bagian atas halaman, di bawah judul, dalam artikel, sidebar, dan masih banyak lagi. Beberapa blogger juga berpendapat bahwa menampilkan iklan pada bagian bawah judul, dalam artikel, dan sidebar besar kemungkinan iklan akan dilihat oleh banyak pengunjung. Hal itu juga sekaligus dipercayai akan meningkatkan nilai CPC blog anda.

4. Buat Iklan Responsive

Membuat iklan responsive adalah cara meningkatkan CPC Adsense selanjutnya. Iklan responsive sendiri mengartikan bahwa iklan tersebut bisa tampil di berbagai platform yang berbeda seperti desktop, mobile, dan lain-lain. Membuat iklan responsive tidak hanya mampu meningkatkan nilai CPC saja, melainkan juga dipercayai akan memberikan pengalaman terbaik kepada pengunjung blog anda.

5. Negara dari Pengunjung

Salah satu faktor yang memang dapat meningkatkan nilai CPC Adsense adalah lokasi negara dari pengunjung blog anda.  Misalkan saja Amerika Serikat, merupakan negara yang memiliki nilai CPC paling tinggi dari yang lain bahkan untuk satu klik iklan dari negara ini bisa saja berkisar antara1-3 dollar. Berbeda dengan nilai CPC Adsense di tanah air yang relatif rendah yakni hanya berkisar antara 500-1000 rupiah saja.

Adapun untuk mendapatkan pengunjung dari Amerika Serikat tentu yang harus dilakukan adalah memiliki blog berbahasa Inggris. Meskipun membuatnya tidak mudah, tapi blog berbahasa Inggris bisa dibilang cukup menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan dari Google Adsense.

6. Pilih Beberapa Tipe Iklan yang Berbeda

Secara umum, Google Adsense telah menyediakan berbagai jenis iklan yang bisa anda pilih untuk ditampilkan seperti iklan teks, gambar, dan video. Namun beberapa pengunjung lebih tertarik dengan iklan gambar ketimbang iklan teks. Dikarenakan iklan gambar sendiri biasanya menunjukkan isi iklan yang kemungkinan besar tepat dengan apa yang sedang dicari pengunjung.

7. Blokir Iklan yang Tidak Relevan

Cara terakhir yang bisa dilakukan guna meningkatkan nilai CPC Adsense yakni memblokir kategori iklan yang tidak sesuai dengan topik blog anda. Misalkan blog anda membahas tentang teknologi namun yang muncul adalah iklan politik, agama, dating, dan lain-lain yang dirasa tidak berhubungan dengan topik blog anda.

Anda bisa memblokir kategori iklan tersebut. Karena selain tidak relevan, iklan tersebut juga kemungkinan tidak banyak menarik pengunjung anda yang notabennya mencari informasi teknologi (perumpamaan topik blog anda), tapi yang muncul malah iklan politik, kesehatan, dan lain sebagainya.

8. Jawablah pertanyaan pengunjung blog Anda

Artinya adalah, bahwa blog Anda harus menjawab pertanyaan yang sedang dicari oleh pembaca. Jadi sebelum menulis blog, cobalah menemukan apa yang sedang dicari oleh pembaca di Internet dan kemudian Anda harus menyajikan solusi kepada mereka lewat tulisan Anda.

Ini adalah cara meningkatkan CPC AdSense yang paling banyak digunakan untuk meningkatkan pendapatan AdSense

Ingat Anda harus selalu terlibat langsung dengan pembaca Anda. Konten Anda harus selalu disesuaikan dengan niche yang Anda bidik sehingga semakin banyak pengunjung blog dapat membaca artikel Anda, karena pengunjung blog merasa memperoleh solusi dan merasa nyaman dengan blog Anda.

Konten yang baik akan membuat Anda memperoleh tingkat CPC Adsense yang tinggi. Selain itu, konten yang baik juga lebih disukai oleh search engine. Klik yang tinggi secara otomatis akan berpengaruh pada penghasilan Anda juga.

9. Heatmap

Heatmap adalah salah satu alat visualisasi terbaik untuk data poin yang padat, yang memungkinkan bagi pengunjung blog Anda untuk mendapatkan informasi lengkap dari Blog Anda. Apapun alasan yang mendasari Anda untuk menjadi seorang Blogger, baik sebagai Blogger professional yang menjadikan aktifitas Blogging sebagai sumber pendapatan, atau Anda menjadi seorang Blogger hanya sebagai hobbi atau menggunakan aktifitas blogging sebagai sarana untuk menuangkan pemikiran Anda agar dibaca oleh banyak orang.

Anda tetap harus mengoptimalkan iklan yang Anda pasang. Jangan sia-siakan iklan yang telah dipasang menjadi tidak efektif dan tidak memberikan konstribusi yang optimal. Target pertama Anda harus memberikan kualitas konten yang memberikan nilai manfaat bagi pengunjung dan jangan membuat iklan yang Anda pasang mengganggu perhatian pengunjung dari artikel yang dibaca oleh mereka.

Perlu diketahui klik maksimum dan CPC/BPK tinggi datang dari 2 iklan yang berada di dalam posting blog terutama pada bagian atas posting dibawah judul.

Leave a Comment