Pengertian PHP dan Fungsinya

Bahasa pemrograman PHP biasanya tidak digunakan pada keseluruhan pengembangan website, melainkan dikombinasikan dengan beberapa bahasa pemrograman lain. Misalnya saja untuk mengatur tampilan, layout, dan berbagai macam menu menggunakan CSS.

PHP & CSS

Agar Anda lebih mengenai bahasa pemrograman PHP dan CSS, kita akan membahas terlebih dahulu apa itu PHP dan apa fungsi PHP di dalam proses pengembangan website.

 Pengertian PHP 

PHP adalah bahasa pemrograman yang sering disisipkan ke dalam HTML. PHP (Hypertext Preprocessor). Sejarah PHP pada awalnya merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

PHP disebut bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server. Hal ini berbeda dibandingkan dengan bahasa pemrograman client-side seperti JavaScript yang diproses pada web browser (client). Bahasa pemrograman ini menggunakan sistem server-side. Server-side programmingadalah jenis bahasa pemrograman yang nantinya script/program tersebut akan dijalankan/diproses oleh server.

Pada awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page. Sesuai dengan namanya, PHP digunakan untuk membuat website pribadi. Dalam beberapa tahun perkembangannya, PHP menjelma menjadi bahasa pemrograman web yang powerful dan tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana, tetapi juga website populer yang digunakan oleh jutaan orang seperti wikipedia, wordpress, joomla, dll.

Kelebihannya adalah mudah digunakan, sederhana, dan mudah untuk dimengerti dan dipelajari.

Semenjak PHP menjadi bahasa pemrograman yang open source, pengembang tidak perlu menunggu sampai dengan update terbaru rilis. Pengguna PHP akan lebih baik jika menggunakan versi terbaru, Sehingga jika ada rilis terbaru Anda harus menyesuaikan sistem Anda dengan versi PHP yang paling baru.

Di bawah ini adalah contoh penggunaan PHP untuk menghubungkan dan membuat database.

<?php
$servername = “localhost”;
$username = “username”;
$password = “password”;
// Create connection
$conn = new mysqli($servername, $username, $password);
// Check connection
if ($conn->connect_error) {
die(“Koneksi gagal: ” . $conn->connect_error);
}
// Create database
$sql = “CREATE DATABASE myDB”;
if ($conn->query($sql) === TRUE) {
echo “Database berhasil dibuat!”;
} else {
echo “Error membuat database: ” . $conn->error;
}
$conn->close();
?>

Fungsi PHP di Dalam Pemrograman Web

Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman yang kebanyakan digunakan untuk mengembangkan website. Sebenarnya PHP bukanlah bahasa pemrograman yang wajib digunakan. Kita bisa saja membuat website hanya menggunakan HTML saja. Web yang dihasilkan dengan HTML (dan CSS) ini dikenal dengan website statis, dimana konten dan halaman web bersifat tetap.

Website dinamis yang bisa dibuat menggunakan PHP adalah situs web yang bisa menyesuaikan tampilan konten tergantung situasi. Website dinamis juga bisa menyimpan data ke dalam database, membuat halaman yang berubah-ubah sesuai input dari user, memproses form, dll. Untuk pembuatan web, kode PHP biasanya di sisipkan ke dalam dokumen HTML. Karena fitur inilah PHP disebut juga sebagai Scripting Language atau bahasa pemrograman script.

Sebelum ada PHP, pengembang kebanyakan menggunakan bahasa pemrograman HTML. Bahasa pemrograman ini sudah dapat membuat tampilan website, akan tetapi tampilan yang dihasilkan masih biasa saja. Biasa saja karena website masih bersifat statis atau tetap, tidak bisa menyesuaikan tampilan dengan kondisi pengguna.

Semenjak adanya PHP maka pembuatan website dapat dikembangkan dan diatur agar menjadi website yang dinamis. Dimana website dapat menyesuaikan tampilan sesuai dengan perangkat yang digunakan oleh pengguna. Tidak hanya itu, website juga dapat melakukan input output dengan database.

PHP sendiri biasanya disisipkan ke dalam kode HTML dan dikombinasikan dengan bahasa pemrograman lain, seperti CSS.

Sebagai contoh penggunaan PHP, misalkan kita ingin membuat list dari nomor 1 sampai nomor 10. Dengan menggunakan HTML murni, kita bisa membuatnya secara manual seperti kode berikut ini:

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
<!DOCTYPE html>
<html>
   <head>
      <title>Contoh list dengan HTML</title>
   </head>
<body>
<h2>Daftar Absensi Mahasiswa</h2>
   <ol>
      <li>Nama Mahasiswa ke-1</li>
      <li>Nama Mahasiswa ke-2</li>
      <li>Nama Mahasiswa ke-3</li>
      <li>Nama Mahasiswa ke-4</li>
      <li>Nama Mahasiswa ke-5</li>
      <li>Nama Mahasiswa ke-6</li>
      <li>Nama Mahasiswa ke-7</li>
      <li>Nama Mahasiswa ke-8</li>
      <li>Nama Mahasiswa ke-9</li>
      <li>Nama Mahasiswa ke-10</li>
   </ol>
</body>
</html>

Halaman HTML tersebut dapat dibuat dengan mudah dengan cara men-copy-paste tag <li>sebanyak 10 kali dan mengubah sedikit angka-angka no urut di belakangnya. Namun jika yang kita inginkan adalah menambahkan list tersebut menjadi 100 atau 1000 list, cara copy-pastetersebut menjadi tidak efektif.

Jika menggunakan PHP, kita tinggal membuat perulangan for sebanyak 1000 kali dengan perintah yang lebih singkat seperti berikut ini:

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
<!DOCTYPE html>
<html>
   <head>
      <title>Contoh list dengan PHP</title>
   </head>
<body>
<h2>Daftar Absensi Mahasiswa</h2>
   <ol>
      <?php
      for ($i= 1; $i <= 1000; $i++)
         {
            echo "<li>Nama Mahasiswa ke-$i</li>";
         }
      ?>
   </ol
</body>
</html>

Contoh Penggunaan PHP dalam HTML

Dengan menggunakan kode baris yang bahkan lebih sedikit, kita dapat membuat list tersebut menjadi 1000 kali, bahkan 100.000 kali dengan hanya mengubah sebuah variabel $i.

PHP tidak hanya dapat melakukan pengulangan tersebut, masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan dengan PHP, seperti menginput data ke database, menghasilkan gambar, menkonversi halaman text menjadi PDF, management cookie dan session, dan hal lainnya yang akan kita pelajari di dalam tutorial belajar PHP di duniailkom.

Istilah yang Berhubungan PHP dan CSS

Ada beberapa istilah yang biasanya muncul ketika Anda mengembangkan website menggunakan PHP. Karena pada saat proses pengembangan biasanya akan membutuhkan terintegrasi dengan sistem lain, seperti database.

Di bawah ini beberapa istilah yang mungkin muncul ketika Anda membahas PHP dan CSS.

  • HTML

HTML  (Hyper Text Markup Language). HTML adalah bahasa markup standar yang digunakan untuk menampilkan informasi di internet.

Pada awal pengembangannya, tujuan pertama dibuatnya HTML adalah untuk memudahkan ilmuwan untuk mengakses dokumen antara ilmuwan. Sehingga pada tahun 1990 terciptalah bahasa pemrograman HTML yang dibuat oleh Tim Berners-Lee.

Sejak saat itu HTML terus berkembang sampai dengan saat ini menjadi pondasi dari website-website yang ada pada saat ini.

  • MySQL

MySQL adalah salah satu sistem manajemen basis data SQL (Structured Query Language). MySQL menjadi salah satu database pertama yang bersifat open source. Pengguna yang masih banyak membuatnya bertahan sampai dengan saat ini.

Sistem manajemen ini dibuat dan dikembangkan pertengah tahun 90-an. Sampai dengan saat ini masih ada beberapa sistem manajemen database selain MySQL yang banyak digunakan oleh pengguna maupun pengembang sistem berbasis web.

  • JavaScript

JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk pengembangan sistem berbasis web. Bahasa ini sudah ada dan digunakan dalam kurun waktu dua puluh tahun ini.

JavaScript dikenal oleh para pengembang website sebagai salah satu bahasa pemrograman utama bagi web developer.

Kesimpulan

PHP dan CSS wajib untuk dipelajari untuk pengembang sistem berbasis web. Dikarenakan baik PHP dan CSS dapat diimplementasikan di berbagai bagian dari website. Penggunaan PHP akan membuat lebih mudah dan sederhana pada penulisan kode program sehingga lebih mudah dalam proses dokumentasi.

Namun jika Anda masih kesulitan di dalam pengembangan website dari awal menggunakan PHP tidak perlu khawatir. Ada CMS yang bisa Anda manfaatkan, WordPress misalnya.

Leave a Comment